1.          Pendahuluan.

Hari Idul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji dan dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya Idul Adha disebut juga Hari raya qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba Allah yang mampu dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban setelah melakukan shalat Idul Adha sampai dengan hari tasyrik.

Dasar pelaksanaan berqurban mengacu kepada :

a.     Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an yaitu :

·    Surat Al-Hajj ayat 34, yang artinya :

34) “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).

·        Surat Al Kautsar (108) ayat 1-2, yang artinya :

                     1).     ”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak”

                                           2).   ”Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah”.

 b.    Rasulullah SAW bersabda:

·  “Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim).

·    “Barang siapa yang memiliki kelapangan (kecukupan harta) tetapi Ia tidak berqurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat Kami” (HR Hakim dari Abu Hurairah)

Setiap tahun, kegiatan idul Adha dilaksanakan secara rutin oleh suatu tim atau panitia pelaksana kegiatan Idul Adha. Begitu pula untuk kegiatan Idul Adha 1428 H dilakukan oleh suatu Panitia yang bertugas dalam penitipan, pemeliharaan, penyembelihan, penyisitan, pembungkusan dan pendistribusian hewan qurban serta pelaksanakan shalat Idul Adha 1428 H di Komples Perumahan Bumi Asri Sukapura Bandung.
panitia.jpg

2.         Pelaksanaan Kegiatan.

Kegiatan Idul Adha 1428 H di Komples Perumahan Bumi Asri Sukapura Bandung yang terdiri dari pelaksanaan shalat Idul Adha dan pengelolaan hewan qurban, dapat terlaksana tertib dan lancar berkat kerjasama dan kekompakan panitia dalam pelaksanaannya.

a.            Pelaksanaan Penyelenggaraan Shalat Idul Adha 1428 H.

·   Shalat Idul Adha seperti tahun sebelumnya, yaitu menggunakan lahan di dalam dan diluar mesjid, sehubungan banyaknya jemaah yang datang dari luar komplek BAS juga sebagai syi’ar Islam.

·    Surat permohonan kesediaan Bapak Drs K.H. Taufiq Rahman untuk menjadi Imam dan Khatib Shalat Idul Adha.

·  Pembuatan dan pemasangan spanduk serta pemberitahuan kepada Warga Bumi Asri Sukapura dan sekitarnya mengenai Shalat Idul Adha.

·   Pembuatan garis Shaf untuk Shalat, hijab pemisah, podium untuk Imam /Khatib serta pemasangan peralatan sound system.

·   Takbir dikumandangkan dimulai setelah shalat maghrib pada malam takbiran oleh jemaah masjid Darussalam.

·       Sebelum Shalat Idul Adha dimulai, disampaikan laporan oleh ketua panitia pelaksana Idul Adha.

·       Shalat Idul Adha 1428 H dimulai pada jam 06.15 WIB.

·      Iman dan Khatib shalat Idul Adha oleh Bapak KH Drs. Taufiq Rahman selama kurang lebih 30 Menit dan thema Khutbah yaitu: ” 4 Keteladanan Nabi Ibrahim AS ”

·       Pengedaran Kencleng oleh para petugas ketika khotib menyampaikan ceramahnya.

·       Silaturahmi antar jama’ah dan khotib dilaksanakan di sekitar lokasi setelah selesai Shalat dan khotbah Idul Adha.

b.         Pelaksanaan Pengelolaan Hewan Qurban.

                 1).     Penerimaan dan Pemeliharaan Hewan Qurban.

·   Pembuatan dan pemasangan spanduk penitipan & pengelolaan hewan qurban serta pemberitahuan kepada Warga Bumi Asri Sukapura dan sekitarnya.

·      Pembuatan tenda tempat pemeliharaan Hewan Qurban.

·   Penitipan mulai tanggal 18 – 19 Desember 2007, dan setiap hari dari jam 08.00 s/d 20.00 WIB. Namum ada juga yang menitipkan pagi hari setelah pelaksanaan shalat Idul Adha.

·    Jumlah titipan hewan kurban sebanyak 7 ekor sapi dan 36 ekor domba, serta infak untuk pengelolaannya.

·   Pemeliharaan hewan Qurban dengan memberikan pakan, serta dilakukan penjagaan siang dan malam pada hewan kurban tersebut.

                                2).    Penyembelihan dan Penyisitan Hewan Qurban.

·    Penggalian lubang untuk penyembelihan hewan qurban.

·   Pembuatan tenda dan tempat untuk penyembelihan & penyisitan di area lapangan paving block Masjid Darussalam.

·   Penyiapan tenaga profesional untuk menyembelih dan menyisit hewan qurban serta membersihkan bagian jerohannya.

·   Penyembelihan yang rencananya dilaksanakan pada pukul 08.15 BBWI, menjadi sedikit mundur dikarenakan terlambat datangnya tenaga penyembelih.

·    Penyembelihan dimulai dengan hewan kurban kambing urutan pertama, dengan disaksikan oleh mudhohi serta warga lain yang hadir. Urutan hewan kurban yang disembelih selanjutnya, ditentukan berdasarkan mudhohi yang terlebih dahulu datang dan mendaftar pada koordinator penyembelihan.

·    Penyembelihan dilakukan oleh tenaga penyembelih dibantu panitia dan warga sukarelawan.

·   Penyisitan dilakukan di dekat area penyembelihan hewan kurban. Untuk mengantisipasi menumpuknya hewan kurban yang belum disisit, akhirnya panitia memutuskan untuk menambah petugas penyisit.

·   Mengangkat daging yang sudah dipotong ke tempat penyincangan dan pembungkusan dilakukan oleh petugas dibantu panitia dan warga sukarelawan.

               3).    Pencincangan dan Pembungkusan Daging Qurban.

·    Petugas yang terlibat terdiri dari pemuda Masjid Darussalam, Ibu-ibu Majlis Taklim Khairunnisa, Ibu-ibu dari lingkungan luar Bumi Asri Sukapura, serta beberapa petugas lainnya.

·   Mencincang daging hewan kurban yang telah disisit, dan memisahkan daging domba dan sapi serta membungkusnya dengan warna yang berbeda, dan satu bungkus beratnya sebesar ½ (setengah) Kg, sehingga siap untuk didistribusikan.

                               4).    Distribusi Daging Qurban.

·    Mendata permintaan Mudhahi yang menginginkan daging hewan qurban.

·    Mendata jumlah warga di lingkungan Bumi Asri Sukapura, dan warga RW disekitar Bumi Asri Sukapura melalui koordinasi dengan ketua RW/DKM Mesjid sekitar BAS yang akan diberi hewan qurban.

·    Mendistribusikan hewan langsung oleh petugas/panitia kepada warga di lingkungan Bumi Asri Sukapura, dan warga RW disekitar Bumi Asri Sukapura melalui kerjasama dengan ketua RW/DKM Mesjid.

3.      Demikian pelaksanaan kegiatan Idul Adha 1428 H di Komplek Bumi Asri Sukapura Bandung, mudah-mudahan ada guna dan manfaat bagi yang membutuhkannya.